Jumat, 04 November 2016

Camping Keluarga di Sukamantri

"Yah kapan camping lagi?" pertanyaan itu sering banget keluar dari mulut anak-anak kami. Rupanya mereka kangen dengan suasana camping yang sebelumnya sering mereka lakukan dengan teman-teman kecilnya di VW Balikpapan. Praktis semenjak tinggal di Cibubur kami belum pernah mengadakan camping lagi, padahal alat-alat camping sudah kami bawa komplet, Alat-alat camping mengalahkan perkakas dan barang pecah belah bundanya hehehe....

Akhirnya setelah berkali-kali browsing tempat camping yang ada dan memungkinkan, kami memutuskan untuk camping di Bumi Perkemahanan Sukamantri - Bogor, perjalanan dari rumah kami paling sekitar 2 jam. Untuk camping kali ini, usaha kami lebih ekstra untuk mempersiapkan segala sesuatunya mengingat camping kali ini bener-bener kami sendiri, tidak dengan keluarga yang lain shg kami khawatir anak-anak bisa merasa jenuh karena tidak ada teman main yang lain. Kami secara khusus persiapkan mainan buat anak-anak seperti layang-layang, bubble gun, kartu remi, ular tangga dan tali yang kami siapkan untuk membuat ayunan nantinya, tak lupa tentunya bahan makanan yang bakal dijadikan sarana anak-anak merasakan masak sendiri :)

Sabtu, 23 Oktober 2016, kami berangkat dari rumah jam 10.00 pagi. Masuk ke tol Jagorawi dan keluar di Bogor, kami mengambil arah ke kiri dan masuk ke arena kemacetan pertama yaitu Kebun Raya Bogor hehehe.... Lepas dari kemacetan di Kebun Raya, kami mengambil arah Jalan Ciapus dan mengikuti saja jalan ini tentunya dengan dibantu oleh sahabat setia kita... Google Maps hehehehe.... Di Jalan ciapus raya ini kita sempat kena macet, kira-kira 30 menit kendaraan kita sama sekali tidak bergerak, rupanya kita harus bergantian jalan karena sedang dilakukan pengecoran jalan. Kurang lebih 3 km sebelum pintu masuk, kita akan melewati jalanan yang lumayan bikin semua terjaga heheheh... karena aspal sudah habis dan mulai masuk jalanan berbatu. Dengan mobil yang lumayan tinggi kami pun terpaksa berjalan sangat pelan (5-10 km/jam), jadi sangat tidak rekomen kalau kita kesana dengan menggunakan mobil yang rendah... (salutnya kita sempat melihat mobil Soluna sudah di atas, ga kebayang gimana jalannya tuh mobil hehehe).

Di gerbang masuk, kita membayar tiket masuk untuk camping yang cukup murah koq, hanya Rp 20,000/orang dan Rp. 10,000/anak kecil, total kita hanya membayar Rp. 70,000 dapat hadiah stiker lagi hehehe..... Kami sampai di lokasi pukul 12.00 siang dan suasana masih sepi hanya baru ada 2 tenda di spot terbaik (dekat dengan gerbang masuk) sehingga kami masih bisa leluasa mencari tempat untuk mendirikan tenda kami, dan kami memilih tempat yg deket dengan parkiran dg pertimbangan biar gampang angkat-angkat barang secara kita camping container tidak dengan tas punggung hehehe...

kecapekan setelah bangun tenda
siapin kasur anginnya dulu dong...
asyyiikkkk main ayunan pake hammock
Caca beraksi bak chef
Semakin sore semakin ramai saja tempat ini, semakin banyak tenda-tenda yang berdiri. Karena sudah lama tidak merasakan suasana camping, anak-anak bagaikan singa lapar yang melihat makanan, lari kesana kemari sampai lupa gak jadi bermain layang-layang :) Hammock jadi rebutan karena baru camping kali ini pasang hammock sendiri *baru sanggup beli hammock :)) Acara yang masih selalu diminati saat camping yaitu memasak..... cos hanya pada waktu camping anak-anak boleh masak makanan kesukaannya sendiri (pop mie,sosis goreng dan nugget) kalo di rumah bundanya sudah melarang makan mie instan...:))

Tambah sore udara tambah dingin..... dan tidak ada yang berani mandi karena udah diceritain ma bunda yang nekad mandi kalo airnya super dingin kayak air es....brrrrr banget deh.... Walhasil semua cuma ganti baju aja cuma bunda aja ini yang mandi hehehe....

Disini tersedia mushola karena jalannya yg menanjak dari tenda ke mushola maka diputuskan sholat di depan tenda saja,kami sediakan air satu ember untuk wudhu. Selepas magrib langit suasana tambah dingin,mendung tebal .....dan titik titik hujan mulai turun.....sepanjang malam hujan turun mengguyur tenda kami, maka kami hanya bisa bermain kartu di dalam tenda...sempat ada rembes di tenda karena sisi tenda kurang jauh narik tali untuk masang pasaknya. Otomatis  acara bikin api unggul gatot alias Gagal Total karena ujan..... Sampai subuh gerimis masih menyapa.... walo sudah tidak sederas semalam.
Sukmantri pagi hari
tenda-tenda di bawah kita
Sarapan di Sukamantri... Menyatu dengan alam
kedinginan di Sukamantri

Di pagi hari,untuk sarapan bunda ma anak anak bikin nasgor (biasa masih ada sisa nasi kemaren,emak-emak kan ndak mau rugi tuh jadi jiwa kreatifitasnya timbul dengan memanfatkan sisa nasi kemaren hehehe....). Kami sarapan dengan ditemani oleh puluhan monyet, yang ga tau datang darimana tahu-tahu sudah berkeliaran di sekililing kami, tapi tenang aja, mereka tidak mengganggu koq. Setelah sarapan, acara kita lanjutkan trekking mencari air terjun/curug yang ada di kompek camping ground ini. Ternyata tidak mudah untuk melihat keindahan curug ini,apalagi saat browsing sudah di warning kl curug ini "just for dewasa" ..... jalannya curam turun naik,sempit dan becek apalagi semalam hujan,dengan mengikuti pipa air kita akan sampai di curug begitu kata petugas jaga di pintu masuk saat membayar tiket. Setengah perjalan kita bertemu sungai disini kita jadi galau karena pipa saluran air masuk kesungai tapi ada juga tanda agar kita berbelok kekiri dan naik ke lereng bukit, Kita putuskan untuk naik ke lereng bukit saja karena medan sungai yang licin,khawatir anak-anak terpeleset. Ternyata lewat lereng bukit tidak lebih baik karena jalannya sempit samping jurang,mendaki dan licin....karena ini jalan memutar jadi lebih jauh sampai akhirnya anak-anak kelelahan apalagi tidak di dukung dengan alas kaki yang nyaman (bunda dan kak tata pakai sendal jepit sehingga licin untuk berjalan) akhirnya kita putuskan balik lagi ke camping lagi,anak-anak terlihat kecewa....

Untuk mengobati kekecewaan mereka,kita main air di sungai yang tadi kita lewati,karena masih penasaran dengan curug ini dan anak-anak masih semangat kemudian kita coba mencari curug lewat jalur sungai mengikuti pipa air. Ternyata jalannya benar-benar membutuhkan extra kewaspadaan karena batu-batu yang kita lewati licin dan kalo terpeleset bisa kebentur batu....berapa meter melewati batu batuan kita sampai di curug yang kecil untuk melanjutkan perjalanan tersedia tangga bambu terjal di lereng bukit,merasa tidak memungkinkan anak-anak untuk melanjutkan perjalanan karena medan yang terjal maka kita putuskan kembali ke camping saja setelah sebelumnya main air lagi di sungai.

De Caca on action while trekking
kita cuman berani sampai sini aja hehehe...
Sampai tenda,kita ganti baju *tetap tidak mandi karena airnya dingin sekaleeee :)) istirahat sebentar,anak anak mainnan hammock lagi....gerimis mulai turun lagi.....semakin lama semakin deras...rencananya kita akan  membereskan tenda dan perlengkapannya jadi tertunda
ba'da dhuhur walo gerimis masih turun kita putuskan untuk pulang takut ntar kena macet pas masuk Jagorawi mengingat ini hari minggu, jadi  dalam hujan kita nekat basah-basahan membongkar tenda,sementara anak-anak sudah tidur nyenyak dimobil :))

Kesimpulan Camping Sukamantri
  • Tempatnya aman dan cocok untuk bawa keluarga.
  • Air melimpah, tidak usah takut ga ada air untuk mandi, yang ada malah takut mandi krn dingin :)
  • Untuk yang tidak mau repot masak, tersedia warung yang siap mensuplai logistik.
  • View dan suasana juga bagus, kalo langit lagi cerah di malam hari bisa menikmati kerlap kerlip lampu Bogor malam hari.