Kamis, 27 Oktober 2016

Bromo dan Keindahannya....

Setelah habis waktunya berkeliling Batu dan Malang, kami melanjutkan perjalanan untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Dari beberapa referensi yang sudah kami obrak-abrik, kami memutuskan untuk ke Bromo melalui Cemoro Lawang (Sukapura) agar pada saat berangkat tidak terlalu pagi, karena kalau kita berangkat dari Malang, untuk menikmati keindahan sunrise Bromo kita harus berangkat lebih awal sekitar pukul 01.00 dinihari, sedangkan kalau dari Cemoro Lawang kita bisa berangkat jam 03.00 pagi, jadi anak-anak masih punya waktu istirahat yang cukup malam sebelumnya.
rencana perjalanan kami dr Malang ke Sukapura
Dari Malang kami menuju ke Lawang untuk selanjutnya kembali masuk jalur pantura di Pasuruan, terus belok kanan menuju ke arah kota Probolinggo. Kira-kira 30 menit sebelum kota Probolinggi kita belok kanan masuk ke Jalan Bromo (tandanya ada gapura selamat datang di Bromo), dan kurang lebih 15 km kami sudah sampai di hotel yang sudah kami booking sebelumnya (Hotel Sukapura Asri - masih sekitar 15km dari pintu masuk Kawasan Wisata Bromo Tengger). Oh ya kami juga sudah booking jeep untuk ke Bromo, setelah browsing-browsing lumayan lah dapat yang paling murah hehehheehe..... ini link nya https://www.visitprobolinggo.com/package/harga-jasa-sewa-jeep-hardtop-di-gunung-bromo-murah/

Pukul 02.30 ke esokan harinya, jeep yang dikemudikan oleh Om Riki sudah standby di hotel kami dan kami segera bergegas tak sabar untuk segera melihat keindahan bromo, jangan lupa yah perlengkapan untuk menahan dingin di Bromo hehehehe karena memang dingin banget di Bromo ini. Jangan lupa juga bawa senter karena kondisi masih gelap.... Aachhhhhhh sampai di pintu masuk kawasan Bromo, kami dibuat kecewa, ternyata status Bromo naik menjadi SIAGA mulai tadi malam karena banyaknya debu vulkanik dan wedhus gembel yang dikeluarkan Bromo.... akhirnya kami putuskan ke penanjakan 2 untuk menikmati Bromo. Turun dari Jeep sudah banyak yang menawarkan kuda untuk naik ke penanjakan 2, karena ada anak-anak, kami putuskan untuk sewa 3 kuda untuk bawa anak-anak kami, lumayan mahal sih untuk sewa kudanya, Rp 100,000 / kuda untuk naik turun. Sebenarnya ga jauh sih mungkin cuma sekitar 500 mtr cuman karena gelap kita jadi keder dan takut jika anak-anak tidak kuat, itu dasar kami akhirnya sewa kuda. Ada incident kecil saat naik kuda, de Lala malah terjatuh dari kuda :( akhirnya de Lala meneruskan perjalanan dengan jalan kaki karena sudah takut jika terjatuh lagi.  Setelah turun dari kuda, ternyata masih ada anak-anak tangga yang harus kita lewati.... bener-bener perjuangan yang sangat luar biasa. Dan benar saja, baru setengah jalan de Lala dan de Caca sudah kecapekan, akhirnya bunda pun memutuskan untuk stop di spot tsb bersama Lala dan Caca sementara kak Tata masih berminat dan bersemangat untuk naik terus sampai di titik tertinggi menikmati Bromo di Penanjakan 2.
Lala dan Caca yg kecapekan ga kuat naik lagi

Panorama view Bromo dari Penanjakan 2
Sorot sunrise yang tertutup awan
Kak Tata kedinginan di Penanjakan 2
indahnya si Bromo...
ada yang cemberut ga pegang edelweis... :)

berlatar belakang tebing...
"itu loh Bromo....."
ini anaknya yg sempet jatuh dr kuda, tapi dia strong..
de Caca dengan Edelweisnya...

Setelah puas menikmati Bromo di Penanjakan 2 dan sudah mulai panas, kami pun turun. Rencana ke kawah, padang savana dan lautan pasir pun kandas hikhikhik......:(  "ga bisa deh acting bak Dian Sastro dalam Pasir Berbisik" ujar bunda ...:)
Kak Tata pun berani naik kuda
de Caca berkuda menuruni Bromo
Dalam perjalanan pulang ke hotel kami sempat mampir ke spot di Hotel Cemoro Lawang, spot yang bagus banget, Bromo keliatan deket banget..!
berdua bersama mantan pacar :)
tuhh wedhus gembelnya...

kog de Caca merem yah??? :))
Pose depan jeep nya om Riki

Kesimpulan :
Bromo tempat yang patut untuk dikunjungi, walaupun kemarin kami dapat nasib kurang bagus karena hanya bisa ke penanjakan 2 saja. Next kami pun masih akan merencanakan untuk kembali ke Bromo...! Overall BROMO IS AWESOME..!

Tips :
- Siapkan segala perlengkapan yang diperlukan sebelum ke Bromo : pakaian hangat / jaket, topi kupluk, sarung tangan, sepatu yang nyaman dipakai, masker dan senter.
- Cari tau sebanyak mungkin informasi yang diperlukan, ada baiknya untuk kebutuhan selama di Bromo dipesan sebelumnya seperti penginapan dan jeep. Ada banyak penginapan atau homestay di daeran Cemoro Lawang.
- Jika anda seorang muslim, sebelum berangkat ada baiknya berwudhu dan bawa alas untuk solat, karena pas waktu solat subuh, kita akan susah cari air dan kalaupun ada mungkin dingin sekali.