Kamis, 12 Januari 2017

Camping akhir tahun di Curug Cilember

Dengan sedikit tergesa-gesa akhirnya Sabtu pagi, 31 Desember 2016 kami melakukan packing-packing untuk menghabiskan pergantian tahun dengan melakukan camping kembali. Ini kali kedua kita menghabiskan pergantian tahun dengan kegiatan camping setelah sebelumnya di pergantian tahun 2015 kita juga nge-camp di Balikpapan saat itu. Kami memilih camping sebagai tempat pelarian malam pergantian tahun sehingga kami dapat menghindarkan dari hura-hura yang tidak jelas manfaatnya. Kalo camping kan lebih jelas manfaatnya, iya kan, iya kan?? hehehehe

Tempat camping kali ini ada di kawasan Puncak Bogor yaitu di Camping Ground Curug 7 Cilember. Kami sedikit tergesa-gesa karena malam sebelumnya kami putuskan tidak jadi nge-camp karena anak pertama lagi kurang sehat. Eh Alhamdulillah Sabtu subuh, dia sudah enak badan dan malah dia yang ngebet ngajak camping hehehe.....

Berangkat jam 8, kami sampai di Cilember jam 12 siang setelah sempat terhenti total karena pemberlakuan one way dari arah puncak. Lokasi curug ini gampang dicari koq hanya saja jalannya sempit dan naik sehingga kita harus hati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lain. Untuk masuk ke lokasi, setiap orang dikenakan biaya masuk sebesar Rp.28,000 adapun jika tidak menginap tiket masuk hanya Rp. 18,000/orang.
Perjuangan untuk ke area camp kita mulai dari tempat parkir hehehehe karena area camp dari parkiran lumayan jauh dengan jalanan naik dengan anak tangga, cukup menguras energi lah hehehehe..... Setelah berjalan dengan muatan yg penuh di tangan kanan dan kiri, akhirnya sampai juga di area camp dan ternyata lumayan rame dengan orang-orang yang nge-camp. Kami memutuskan mendirikan tenda deket dengan mushola dan tempat MCK yang menurut kami sangat strategis hehehe.....
Seakan tidak ada capainya, setelah mendirikan tenda anak-anak menghabiskan sore dengan bermain-main gelembung, bermain ayunan dengan hammock, berlari-larian di area camp yang tempatnya memang adem karena banyaknya tanaman pinus disini serta bermain ke taman kupu-kupu. Kami juga sempat mencoba ke curug 7 yang letaknya hanya 100mtr dari tempat kami mendirikan tenda, namun karena masih ramai dengan pengunjung kami hanya melihat-lihat saja, tidak masuk ke air. Kami berencana mainan air di curug esok pagi saat pengunjung belum banyak yang datang.

Di Malam hari, suhu disini sangat dingin sekali. Tidak cukup hanya dengan jaket, kami melengkapi diri kami dengan kaos kaki untuk mengusir dingin. Mungkin karena malam pergantian tahun, suasana di Cilember sangat rame dengan rombongan camping. Dan rata-rata untuk menambah hangat mereka masing-masing menyalakan api unggun......dan akhirnya asap dimana-mana membuat nafas menjadi sesak dan mata perih.... Beruntung cuaca di malam hari cerah tanpa hujan sehingga kami dapat menikmati suasana malam di Cilember dengan maksimal, ngobrol dan bermain dengan anak-anak di temani suara jangkrik dan kodok.

Bangun pagi, langsung disambut suasana segar gunung Pangrango membuat males bangun sebenarnya hehehehe.... Setelah solat Shubuh kami isi waktu untuk berjalan-jalan di sekitar area camp menikmati segarnya udara pagi. Setelah sarapan, kami lanjutkan dengan trekking ke lokasi curug. Ada 6 curug di lokasi ini kalau kita lihat dari peta yang ada. Curug terdekat adalah curug 7. Untuk tujuan trekking ini kami memilih ke lokasi curug 5, rencana sekitar 30 - 45 menit berjalan kaki dengan rute yang menanjak hampir 45 derajat. Dengan susah payah, anak-anak mulai menapaki anak tangga yang disediakan dengan semangat, sedikit demi sedikit sambil mengatur nafas.  Setelah hampir 30 menit berjalan dan belum ada tanda-tanda curug 5 akhirnya anak-anak menyerah sudah gak kuat naik lagi dan kita pun balik kanan turun kembali..... gagal deh liat curug 5.

Aku lelah yah....

Balik kanan dari curug 5, kita bermain-main air di curug 7. Curug 7 ini lumayan tinggi juga, dan air yang jatuh juga jernih dan di bawahnya ada kolam +/- 50 cm sehingga cukup enak juga buat basah-basahan. Ditambah air yang dingin dan sejuk bikin malas untuk naiklagi kalau sudah terkena air. Seperti layaknya tempat rekreasi alam lainnya, curug 7 juga ada mitosnya juga loh, katanya yang mandi pakai air curug jadi awet muda :)

Mitos yang ada di Curug 7
Formasi komplet hehhee

Lelah bermain air, kami balik ke tenda. Setelah bersih-bersih, Kak Tata masih sempat untuk goreng-goreng sosis dulu untuk ganjal perut setelah lelah bermain air dan kami mulai mempersiapkan untuk membongkar tenda. Alhamdulillah cuaca cukup bersahabat. Dan kami beranjak dari lokasi curug Cilember lepas sholat dhuhur. Di perjalanan pulang kali ini, waktu yang kami tempuh malah lebih parah daripada saat kita berangkat, kembali kita terpaksa stop karena saat kita akan turun ke arah Jakarta sedang dilakukan one way ke arah puncak.... apes dehhhhh..... kena stop lebih kurang 2 jam :(

Overall pengalaman yang seru menghabiskan malam pergantian tahun baru di Cilember ini, walaupun ada beberapa kendala seperti asap dari api unggun yang terlalu banyak hehehehhehe....... but still RECOMENDED Place...!